CARA SETTING HOTSPOT MENGGUNAKAN LINKSYS WIRELESS-G MODEL WRT54G



PENGERTIAN LINKSYS WRT54G
Linksys WRT54G adalah solusi praktis untuk memperluas jangkaun wireless aksespoint utama anda tanpa perlu menggunakan kabel atau dua buah perangkat wireless lagi. Kompatible dengan Linksys WAP54G, WRT54G dan WRT54GS. Sebagai repeater atau wireless expander Linksys WRE54G cocok digunakan untuk memperluas jangkauan hotspot anda cukup dengan memasangnya pada daerah yang menjangkau aksespoint utama anda. Cukup ringkas dan praktis karena tidak memerlukan adaptor listrik lagi jadi tinggal di tancapkan pada tembok/dinding yang terdapat colokan listrik langsung dapat digunakan untuk memeprluas jangkaun hotspot anda. Linksys WRT54G merupakan Broadband Router yang dilengkapi dengan wireless b/g. WRT54G dapat dijadikan sebagai server gateway untuk koneksi internet anda, umumnya yang berkonseksikan “broadband internet accses”. Untuk mengkonfigurasi router ini sangatlah mudah.



Peralatan yang digunakan
Komputer Acer Veriton M264, dimanfaatkan sebagai Apache Web ServerWireless-G Broadband Router Linksys WRT54G dan WRT54GS, merupakan model wireless router,produk dari linksys (divisi dari cisco system)OpenWRT,merupakan distribusi linux untuk embedded devices.Kali ini kita akan menggunakan openWRT untuk mengganti firmware asli bawaan dari linksys WRT54G.Kali ini yang kita gunakan versi White Russian 0.9. Anda bisa mencoba untuk versi KamikazeChillispot, merupakan Wireless LAN Access Controller.Ini digunakan untuk melakukan otentikasi user untuk wireless LAN.
Chillispot memberikan dukungan, web based login untuk hotspot.Freeradius, daemon untuk unix/linux yang merupakan salah satu dari server radius protokol, dan dapat digunakan untuk melakukan Authentication dan Accounting.Pada kasus kali ini kita menggunakan Server Freeradius milik UGM.LDAP, merupakan merupakan backend database yang akan kita gunakan untuk mengambil data-data yang sudah tersimpan di dalamnya. Pada kasus kali ini kita menggunakan server LDAP milik UGM. Jadi disini kita tidak perlu melakukan konfigurasi Server LDAP lagi.
CARA SETTING WRT54G :
Pasang kabel power ke listrik, dan colokin ke LinkSys WRT54G
Tekan tombol reset di LinkSys WRT54G untuk membuat setingan jadi default, caranya adalah menekan tombol reset di belakang LinkSys WRT54G dengan menggunakan klik ato korek api kayu ato apapun. Tekan selama 1 jam (tekan selama 10 detik aja )
Pasang kabel LAN ke LinkSys WRT54G. Kabel Lan ini adalah kabel yang menghubungkan HUB dengan PC (kalo cara manual). Asumsi ini adalah LAN sudah berjalan, dan anda cuman menjadikan wireless sebagai alternatif tuk koneksi LAN.
Siapkan 1 komputer yang juga terhubung dengan jaringan yang sama, untuk mensetting LinkSys WRT54G.
Default IP address dari LinkSys WRT54G adalah 192.168.1.254, maka buka saja web browser, dan ketik \\192.168.1.254
Setelah anda masuk ke halaman setting, username kosongi saja, password anda isi admin. Klik ok.
Setelah anda login, silahkan pilih Wireless, dan pastikan kepilih MIXED
Klik Wireless-Security, pilih security mode dengan WEP, gunakan encryption 40/64, isi pharaphrase, dan klik Generate. Untuk TX Key pilih angka 1 aja
Setelah anda generate, maka akan muncul 4 macam password, bila anda pilih TX Key = 1, maka password yang anda perlukan adalah Key 1. Setting password disini sangatlah penting, agar LAN anda tidak di acak2 oleh orang yang gak berkepentingan.
Save setting,… selesai.
Cara menggunakan WIFI
Hidupkan laptop anda, dan aktivkan wirelessnya, atau bila anda menggunakan PC, hidupkan wireless dongle dan aktifkan wifi nya
Akan terlihat WIFI connenction bernama LinkSys,
Pilih koneksi itu, dan klik CONNECT
Anda akan ditanyai password, isilah dengan password 1 tadi (KEY 1)
Anda akan otomatis terkonek dengan LAN dengan WIFI

0 komentar:

Posting Komentar